(021) 384-4718

Profile DNIKS

Tentang DNIKS

Dewan Nasional Indonesia untuk Kesejahteraan Sosial (DNIKS) adalah Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) TIngkat Nasional. Didirikan pertama kali tanggal 15 Juli 1970 melalui Musyawarah Nasional Badan Pembina dan Koordinasi Kesejahteraan Sosial (BPKKS). DNIKS adalah organisasi nonpemerintah, bersifat terbuka, independen, serta mandiri.

Landasan hukum saat ini adalah Undang-Undang No. 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial dan legalitasnya dikukuhkan melalui Surat Keputusan Menteri Sosial RI No: 72/HUK/2010 degan tugas pokok mengkoordinasikan peran masyarakat dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

Di tingkat provinsi dibentuk Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial (BK3S) atau menggunakan nama LKKS Propinsi. Terdapat 30 BK3S/LKKS sebagai anggota atau jaringan kerja tingkat Provinsi. Di kabupaten/kota dibentuk Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (K3S) atau disebut sebagai LKKS Kabupaten/Kota. Masing-masing tingkatan LKKS bersifat otonom. DNIKS dan LKKS adalah lembaga berbadan hukum berbentuk perkumpulan.

Pengurus DNIKS periode 2013-2017 merupakan hasil Musyawarah Nasional ke VII tahun 2013 di Surabaya, Jawa Timur. Pelantikan Pengurus dilakukan oleh Meteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat RI (DR. Agung Laksono) pada tanggal 17 September 2013 di Jakarta.

Selain 30 LKKS/BK3S provinsi, DNIKS juga memiliki 34 Orsosnas sebagai anggota. Untuk menjadi anggota persyaratannya Orsosnas memiliki visi dan misi sejalan dengan DNIKS, sekurang-kurangnya punya cabang di 10 Provinsi dan bersedia mengikuti ketentuan organisasi. Keputusan sebagai anggota ditetapkan Badan Perwakilan Anggota.