(021) 384-4718

Berita DNIKS

Rapat Koordinasi Nasional Dewan Nasional Indonesia untuk Kesejahteraan Sosial 2019

Ketua Umum DNIKS Tantyo Adji Sudharmono didampingi oleh Sekretaris Jenderal Edwil S Djamaoeddin membuka Rapat Koordinasi Panitia Rakornas DNIKS 2019 dengan perwakilan dari Kementerian Sosial RI dan dihadiri juga oleh Pengurus dan Staff DNIKS

Rapat koordinasi nasional (Rakornas) Dewan Nasional Indonesia Untuk Kesejahteraan Sosial (DNIKS) Tahun 2019 akan dilaksanakan di Gedung Aneka Bhakti Kementerian Sosial RI Jl. Salemba Raya No 28 Jakarta tanggal 29 April - 1 Mei 2019. Adapun Tema Rakornas "Kemensos, DNIKS, dan Mitra Siap Mensukseskan Ekonomi Digital". Rakernas Ini sangat penting untuk diikuti terutama oleh seluruh anggota Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS), Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial (BKKKS), dan Organisasi Sosial Nasional (Orsosnas) Dewan Nasional Indonesia untuk Kesejahteraan Sosial (DNIKS). Hasil dari Rakornas diharapkan menjadi bahan masukan dan penyempurnaan peran LKKS dan Orsosnas dalam melaksanakan program kerja penyelenggaraan kesejahteraan sosial dimasa mendatang. Setelah selesai Rakornas, Daerah diharapkan bisa menjadi mandiri dan menjadi garda terdepan dalam melaksanakan Ekonomi Digital.

Negara Indonesia seperti yang ditegaskan dalam Pembukaan UUD 1945 bertujuan: 1) melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia; 2) memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa, serta 3) ikut melaksanakan ketertiban dunia. Dalam tujuan negara tersebut, tersurat secara tegas bahwa negara Indonesia menganut sistem negara kesejahteraan sosial. Untuk mewujudkan kesejahteraan sosial bagi seluruh masyarakat bukan saja sematamata menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi perlu melibatkan berbagai pihak, mulai dari dunia usaha, perguruan tinggi, lembaga kesejahteraan sosial/organisasi sosial, dan semua unsur masyarakat lainnya.

Tahun 2019 merupakan waktu yang tepat dalam penyelenggaraan Rapat koordinasi Nasional dimana Dewan Nasional Indonesia untuk Kesejahteraan Sosial (DNIKS) akan melanching 5 Program dalam menyambut Revolusi Industri 4.0, kelima program tersebut ialah website bantudong.org, koran digital konsesi.com, bazarakyat.com, safar dan Lembaga Bantuan Hukum Hak Kita Bersama.

Menurut Informasi yang diperoleh dari Ketua Umum DNIKS Tantyo Adji Sudharmono Rencananya acara Rakornas DNIKS 2019 ini akan dibuka oleh Menteri Sosial DR. Agung Gumiwang Kartasasmita, MSi sekaligus melaunching kelima program dari DNIKS. selain melaunching kelima program tersebut, acara Rakornas DNIKS 2019 ini akan diisi oleh beberapa Narasumber baik itu perwakilan dari kementerian sosial, ada juga nara sumber lain yaitu Direktur Utama Telkom, Ahli Hypnotherapi, dan juga Pakar Forex. 

Pelaksanaan program pembangunan sosial tersebut tentunya akan melibatkan berbagai pihak terkait, termasuk didalamnya Dunia usaha melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) yang memiliki peran penting dalam mewujudkan kesejahteraan sosial. Organisasi atau lembaga sosial sebagai bagian dari masyarakat dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial dituntut memiliki visi, misi, dan program termasuk penanganan masalah sosial secara benar. Masyarakat dan relawan sosial dituntut memiliki jiwa kerelawanan sosial, tanpa pamrih sesuai dengan kemampuan dan potensinya dalam mewujudkan kesejahteraan sosial. Semua pihak tersebut diharapkan memiliki satu pemahaman yaitu menyelenggarakan kegiatan kesejahteran sosial tersebut tidak bersifat belas kasihan, charity, atau berbagai bentuk kegiatan yang menciptakan sikap dan mental ketergantungan. Penyelenggaraan kesejahteraan sosial harus diarahkan untuk menciptakan kemandirian dan daya saing sumber daya manusia Indonesia sehingga mampu hidup mandiri dan sejahtera.